Friday, August 19, 2011

MUATAN LOKAL BAHASA JAWA

Dalam pengembangan kurikulum bahasa jawa yang dilaksanakan di LPMP Semarang tanggal 18 – 21 Agustus 2011, guru guru dari berbagai kota mendapatkan kesempatan untuk bisa melakukan pengembangan kurikulum muatan lokal Bahasa Jawa dimana dalam pengembangan kurikulum tersebut harus memperhatikan 4 hal berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor:423.5/27/2011. 4 hal tersebut yakni:

1. Mendengarkan
Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa jawa.

2. Berbicara
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah ungguh bahasa jawa.

3. Membaca
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan berbagai ketrampilan dan teknik membaca.

4. Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah ungguh dan menulis dengan huruf jawa.


Demikian 4 hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa. Smoga ini bisa memberi warna dalam pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) untuk jenjang pendidikan SMA/SMALB/SMK/MA Negeri dan Swasta di Propinsi Jawa Tengah. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment